Cara memasak daging sangat mudah dibuat dengan benar, terutama daging sapi. Daging sapi adalah daging yang diperoleh dari sapi yang umum dan biasa digunakan untuk keperluan konsumsi makanan. Di setiap daerah, penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung cara pengolahannya.

Daging Sapi

Daging sapi merupakan sumber nutrisi penting bagi tubuh. Di sisi lain, daging sapi juga bisa menjadi sumber lemak dan kolesterol jahat yang berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, jika daging sapi diolah dengan benar, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan efek buruknya.

Daging sapi merupakan sumber protein, vitamin B, dan berbagai jenis mineral, seperti fosfor, selenium, dan zat besi yang penting bagi tubuh. Namun, daging sapi juga diketahui mengandung berbagai jenis lemak, terutama lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal.

Baca Juga :  Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk Tanpa Presto

Cara Memasak Daging Sapi Agar Tahan Lama

1. Abon

Untuk membuat abon, dagingnya dibumbui dan dimasak lama. Sehingga membuat teksturnya berserat dan memiliki rasa manis dan gurih yang menggugah selera. Karena dimasak sampai kering, abon bisa disimpan berbulan-bulan. Selain sebagai lauk, abon juga cocok sebagai isian roti atau pastel.

2. Serundeng

Serundeng terbuat dari daging dan kelapa yang dibumbui dan dimasak dalam waktu lama. Untuk membuat serundeng, kelapa dan daging dimasak hingga kering, agar tidak basi dan tahan lama. Karena tahan lama, serundeng tidak hanya cocok sebagai lauk tetapi juga dikemas untuk dijual kembali.

Baca Juga : Manfaat Minyak Kelapa dan Cara Menggunakannya

3. Dendeng

Dendeng terbuat dari daging sapi yang diiris tipis, kemudian dibumbui dengan bumbu, dan dijemur hingga kering. Kemudian, dendeng yang sudah dijemur bisa digoreng sebelum disantap. Karena sudah dikeringkan, dendeng bisa disimpan lama dan paling enak disajikan dengan sambal.

4. Empal

Sekilas, tampilan empal mirip dengan dendeng. Namun bedanya, empal tidak perlu dijemur sebelum digoreng. Untuk membuat empal, daging sapi diiris tipis kemudian dibumbui dengan bumbu dan dimasak beberapa saat agar bumbu meresap. Kemudian, daging empal tersebut digoreng sebelum disajikan. Nah, karena teksturnya yang kering, empal bisa disimpan dalam waktu lama dan tidak mudah rusak.

5. Rendang

Rendang merupakan salah satu olahan daging sapi yang terkenal dengan rasanya yang enak dan umur simpan yang lama. Meski tidak tahan lama seperti beberapa makanan di atas, proses memasak rendang yang cukup lama membuat sajian daging sapi ini bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Untuk membuat rendang, daging sapi berbumbu yang sudah dipotong-potong dibumbui dan dimasak selama kurang lebih delapan jam hingga bumbu meresap sempurna dan tekstur rendang menjadi lebih kering.

6. Bakso

Bakso merupakan salah satu olahan daging sapi yang digemari banyak orang. Selain dimakan langsung, bakso sapi juga bisa dijadikan makanan beku dan disajikan kapan pun Anda mau.

Cara membuatnya, campur daging giling dengan tepung kanji dan bumbu lainnya. Setelah itu, bentuk menjadi bulatan dan rebus hingga bakso menjadi keras. Setelah itu, simpan bakso di dalam freezer agar lebih awet.

Selain disajikan dengan kuah, bakso juga bisa diolah dengan cara digoreng dengan bumbu lain atau disajikan dengan kecap dan sambal.

Jika Anda masih memiliki stok daging dan bingung ingin mengolahnya menjadi apa. Anda bisa mencoba olahan di atas agar daging sapi lebih awet dan tidak mudah basi.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika kamu ingin merebus daging sapi supaya empuk dan tidak alot anda bisa menggunakan Mesin Presto Ikan Dan Daging K50 agar dapat mempermudah anda untuk mengempukkan daging dan menghemat waktu. Semoga artikel ini dapat membantu dan juga bermanfaat untuk anda.