Kelebihan berat badan dan obesitas dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Masalah kesehatan ini rawan muncul saat memasuki usia 40 tahun.

Di usia 40-an, menurunkan berat badan bisa jadi sulit. Banyak faktor yang menyebabkan tubuh cepat gemuk saat berusia 40 tahun.

Namun, langkah sederhana sebenarnya bisa membantu Anda mempertahankan berat badan ideal tanpa obat diet. Inilah cara yang bisa anda lakukan yang sudah berusia 40 tahun:

Perbanyak Asupan Buah dan Sayur

Setengah piring makan anda usahakan berisi buah dan sayur. Nutrisi lebih banyak terkadung pada buah dan sayuran jika di bandingkan pada nutrisi yang ada di daging ayam atau sapi.

Dengan memakan buah anda juga bisa merasa kenyang lebih lama, bahkan jika Anda makan lebih sedikit. Buah-buahan segar, seperti apel dan beri, adalah pengganti yang baik untuk makanan ringan yang tinggi lemak dan gula.

Jangan Lewatkan Sarapan

Cara menurunkan berat badan di usia 40-an sama seperti kebanyakan pelaku diet, yaitu jangan melewatkan atau menghindari sarapan.

Para ahli menyarankan Anda untuk tidak melewatkan sarapan. Ketika Anda melewatkan sarapan, Anda mungkin merasa sangat lapar dan bahkan makan makanan yang tidak sehat saat makan siang.

Sarapan sangat vital bagi tubuh Anda, apalagi jika Anda dituntut untuk bekerja seharian penuh. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan tidak hanya berlimpah dan mengenyangkan, tetapi juga bergizi lengkap dan seimbang.

Makan Lebih Sedikit di Malam Hari

Penurunan berat badan lebih mungkin terjadi ketika Anda makan lebih sedikit di malam hari. Oleh karena itu, salah satu cara menurunkan berat badan di usia 40 tahun adalah dengan membatasi asupan di malam hari.

Meskipun anda harus makan setiap hari namun anda harus ingat porsi makan yang anda konsumsi. Di malam hari anda harus makan makanan yang tinggi serat.

Masak Makanan Sehat

Gaya hidup sehat di usia 40 tahun mencakup cara Anda mengolah makanan. Pasalnya, jumlah ekstra lemak dan kalori bisa berasal dari cara Anda menyiapkan makanan.

Untuk menjaga berat badan ideal, daripada menggoreng makanan atau memasaknya dengan banyak mentega atau minyak, cobalah metode memasak lain, seperti memanggang, memanggang, atau merebus.

Kurangi Kalori

Anda cenderung kurang aktif seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, cara menurunkan berat badan di usia 40 tahun adalah dengan mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Gunakan aplikasi yang bisa memeriksa jumlah kalori harian anda agar anda bisa mngontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Camilan Sehat

Jika Anda terbiasa makan camilan di antara waktu makan berat, misalnya karena mengalami asam lambung atau sering merasa sulit menahan rasa lapar, pilihlah camilan yang sehat untuk mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan.

Anda bisa melakukannya dengan menghindari camilan yang digoreng, seperti pisang goreng, talas, dan ubi goreng.

Selain itu, ganti camilan dengan buah-buahan dan jus, penyajiannya harus juga di perhatikan. Pilih jus buatan sendiri. Anda juga bisa minum jus dengan ampasnya untuk membuat Anda kenyang lebih lama.

Fokus Saat Makan

Anda bisa tergoda untuk makan makanan saat sedang sibuk atau multitasking. Namun, Anda cenderung makan berlebihan dan cepat lapar lagi jika Anda tidak fokus pada makanan Anda.

Duduk sambil makan dan lihat apa yang ada di piring Anda (bukan apa yang ada di TV atau ponsel Anda). Ini membantu otak Anda mengenali kapan Anda sudah merasa cukup.