Cara Membuat Minyak Atsiri Sederhana :

Minyak atsiri masih menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia. Peluang pasar masih harum. Hal ini dikarenakan industri yang membutuhkan minyak atsiri sangat luas, mulai dari industri flavor dan fragnance, industri kimia aromatik dan perlengkapan mandi, industri pengendalian serangga / hama dan industri makanan dan minuman.

Cara Membuat Minyak Atsiri Sederhana

Karena pemakaiannya yang begitu luas, maka tidak heran kebutuhan minyak atsiri ini begitu besar. Padahal, permintaan terus meningkat dari tahun ke tahun. Dari minyak atsiri tersebut yang paling banyak diminati adalah minyak cengkeh yang mencapai 5.000 hingga 6.000 ton per tahun. Selain itu, permintaan minyak bumi terbesar dari Indonesia adalah minyak sereh dan minyak nilam.

Indonesia memang terkenal sebagai penghasil sejumlah minyak atsiri di dunia. Selain ketiga minyak di atas, masih ada minyak kayu putih, minyak lada hitam, dan lainnya. Maklum, negara ini sudah lama dikenal sebagai penghasil rempah-rempah.

 

Membuat Minyak dari Tanaman Sereh

Sereh di Indonesia terdapat dua jenis tanaman serai, yaitu serai (Cymbopogon citratus) dan serai (Cymbopogon nardus). Sereh tumbuh di daerah dengan ketinggian 50-2.700 m dpl. Di Sri Lanka tanaman ini tumbuh secara alami, namun dapat ditanam pada berbagai kondisi tanah di daerah tropis yang lembab, dengan sinar matahari yang cukup, dan curah hujan yang relatif tinggi. Di Indonesia, serai banyak ditemukan di pulau Jawa dan dikenal dengan sebutan ‘sere’ (rumput serai baru).

Biasanya tumbuh di dataran rendah pada ketinggian 60-140 m dpl. Perbanyakan dengan memotong rimpang. Jarak tanam yang disarankan adalah 0,5-1 m. Panen dilakukan saat tinggi tanaman sudah mencapai 1-1,5 m. Pemotongan pertama dilakukan pada umur 6-9 bulan. Panen kemudian dilakukan dengan selang waktu 3-4 bulan.

Penurunan intensitas sinar matahari hingga 50% dan pemupukan urea hingga 100 kg / ha dapat berdampak pada peningkatan rendemen minyak atsiri serai wangi. Bobot segar daun dan bobot bahan kering daun hanya dipengaruhi oleh dosis pemupukan nitrogen. Kadar air daun hanya dipengaruhi oleh intensitas sinar matahari. Tinggi tanaman dipengaruhi oleh intensitas sinar matahari dan dosis pemupukan nitrogen dan keduanya saling berinteraksi dalam mempengaruhi tinggi tanaman.

  1. Bahan bakuBagian tanaman yang digunakan sebagai bahan baku minyak atsiri adalah daunnya. Daun serai bisa diambil dari tanaman yang tingginya mencapai 1-1,5 meter dan berumur 6-9 bulan.2. Persiapan bahanDaun yang sudah dipanen kemudian dirajang terlebih dahulu sehingga memiliki panjang 10-15 cm. Selanjutnya daun tersebut dikeringkan dengan cara dijemur. Setelah kering, bahan siap untuk diolah.3. Proses pembuatan minyakMinyak serai dibuat dengan distilasi. Proses destilasi dimulai dengan menambahkan air hingga batas yang diinginkan. Dalam penyulingan air dan uap, air dimasukkan mendekati batas beban. Selanjutnya, masukkan bahan ke dalam ketel suling. Sebelum proses distilasi dimulai, pastikan semua sambungan, lubang inlet dan outlet tertutup rapat.Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kebocoran yang mengakibatkan keluarnya semburan uap liar dan pemborosan uap esensial. Selanjutnya, pastikan air di dalam kondensor tersedia dalam jumlah yang dibutuhkan. Ketersediaan air penting untuk memudahkan proses kondensasi.Setelah memastikan semua instalasi aman dan berfungsi dengan baik, nyalakan api hingga suhu dan tekanan mencapai ukuran yang diinginkan. Begitu air mendidih, minyak bisa terlihat di tabung pemisah. Waktu pemurnian sangat tergantung pada jumlah bahan dan kapasitas ketel. Namun, cara mudah untuk menentukan akhir dari proses pemurnian adalah tidak ada minyak yang terlihat di tabung pemisah (labu florentine). Minyak yang keluar segera ditampung dalam wadah dengan membuka keran pada tabung pemisah. Konstruksi wadah harus dapat menghindari penguapan yang lebih banyak, misalnya menggunakan botol yang bermulut kecil. Selain itu, usahakan untuk menjaga suhu dalam wadah antara 20-25o C untuk menghindari penguapan.

Demikianlah artikel tentang Cara Membuat Minyak Atsiri Sederhana yang dapat saya sampaikan kali ini. Terimakasih. Semoga bermanfaat.