Cara Buat Minyak Kelapa Murni – Minyak kelapa perawan alias minyak kelapa murni dikenal luas memiliki banyak kegunaan, mulai dari obat-obatan eksternal untuk masalah kulit hingga minuman untuk menyehatkan tubuh.

Tetapi masih ada banyak pertanyaan tentang apa manfaat minyak minyak kelapa murni yang terbukti secara medis? Dan, apa perbedaan antara minyak minyak kelapa murni dan jenis minyak kelapa lainnya?

Tidak seperti minyak zaitun, kata perawan dalam minyak kelapa tidak memiliki standar. Namun, istilah perawan hanya dapat diterapkan pada minyak kelapa perawan yang dalam prosesnya tidak dimurnikan, tidak berbau, atau dikurangi oleh elemen-elemen tertentu di dalamnya.

Perbedaan antara minyak kelapa murni dan minyak kelapa lainnya. Minyak minyak kelapa murni adalah minyak yang diperoleh dari daging kelapa yang masih segar tua.

Proses pembuatannya juga menggunakan cara alami, tidak memanaskannya pada suhu yang sangat tinggi, apalagi mencampur bahan kimia.

Secara tradisional, minyak kelapa murni dapat dibuat dengan meremas kelapa tua dan mengekstraksi santan.

Santan kemudian diproses melalui fermentasi, mencampur enzim tertentu, atau menggunakan mesin sentrifugal untuk memisahkan bubur kelapa, air dan minyak bening yang dikenal sebagai minyak minyak kelapa murni.

Dengan cara yang lebih modern, minyak minyak kelapa murni dibuat dengan mengeringkan kelapa tua yang masih segar menggunakan mesin khusus. Kelapa kering kemudian diperas untuk menghilangkan minyak bening.

 

Cara Buat minyak kelapa murni

cara buat minyak kelapa murni

Pembuatan minyak kelapa murni biasanya dengan menggunakan mesin vco. Namun disini kita akan membahas tentang proses pembuatan minyak vco.

Persiapan bahan baku

Kelapa yang akan diolah menjadi jenis minyak yang digunakan kelapa berusia di ruangan antara 11 dan 12 bulan kelapa kasar dan coklat. Buah kelapa tua akan menghasilkan tanaman minyak yang tinggi.

Membuat Santan

Hal yang perlu diperhatikan sebelum proses pembuatan kelapa adalah kelapa tua. Rasio kelapa terhadap udara adalah 2,5 butir versus 1,5 liter udara mendidih. Untuk menghancurkan kelapa, itu dapat diiris dengan tangan, di mesin, atau dalam pengolah makanan.

Jika memungkinkan, gunakan mixer dalam skala kecil dengan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil, lalu aduk dengan udara.

Peras dan saring sampai santan keluar langkah selanjutnya masukkan santan ke dalam mangkuk atau tutup transparan dan tutup bagian atas. Biarkan santan selama sekitar satu jam sampai dua lapisan terbentuk, lapisan atas disebut krim (cannell).

Lapisan bawah adalah udara yang memisahkan krim dari air untuk proses manufaktur minyak kelapa murni.

 

Cara buat minyak kelapa murni

Setelah krim memasuki lapisan atas, langkah selanjutnya adalah proses pembuatan minyak kelapa murni yang terdiri dari 6 metode. Metode pembuatan minyak kelapa murni meliputi:

Tanpa pemanasan

Cara pembuatan minyak kelapa ini akan menghasilkan minyak bening yang sering disebut minyak kelapa murni. Anda juga harus menyiapkan daging kelapa tua dan mengikuti cara buat minyak kelapa murni sebagai berikut:

Parut daging kelapa dan peras santan (juga bisa memberikan sedikit udara sehingga santan keluar lebih banyak).

Masukkan santan ke dalam kantong plastik dan diamkan selama 1-2 jam sampai terbentuk 2 lapis santan di atasnya dan udara di bawahnya.

Buat lubang di bagian bawah plastik sehingga udara dipisahkan dan terbuang santan tebal tuangkan ke dalam wadah plastik, tutup rapat, dan simpan pada suhu kamar yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam.

Setelah 24 jam akan dibentuk tiga lapis yaitu minyak kelapa (atas), minyak kelapa (tengah), udara (bawah)tuangkan minyak ke dalam wadah yang memungkinkan kain atau jaringan bersih tanpa wangi untuk menyimpan minyak dan santan.

Anda juga dapat memasukkannya ke dalam lemari es sehingga tiga lapisan teratas membeku. Ambil bagian beku, yaitu minyak, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kain bersih. Tetesan minyak dari masalah ini disebut minyak kelapa murni.

Metode pemanasan

Metode ini menggunakan pemanasan terkontrol. Untuk melakukan ini, krim yang diperoleh dari santan dimasak dalam wajan pada suhu sedang dari 60 ° c hingga 75 ° c, aduk perlahan sampai minyak keluar. Ketika anda mendapatkan minyak, matikan api.

Pisahkan minyak dari tempat dengan sendok. Keuntungan menggunakan metode ini adalah bahwa produk minyak kelapa murni diperoleh dalam waktu yang lebih singkat daripada metode lain.

Cara memfermentasi

Cara buat minyak kelapa murni dimulai dengan fermentasi yaitu menyiapkan santan dalam toples kemudian tambahkan seperempat sendok teh ragi. Aduk dalam campuran, lalu tutup toples. Biarkan (inkubasi) selama 24 jam. Hasilnya adalah 3 lapisan: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (pirang), dan lapisan bawah (air).

Metode memancing

Metode memancing adalah salah satu cara buat minyak kelapa murni yang mudah. Dengan menggunakan minyak kelapa murni yang sudah jadi sebagai pancinya untuk membentuk minyak kelapa murni baru. Langkah-langkahnya sangat mudah: siapkan krim, masukkan ke dalam toples, lalu tambahkan 1-2 sendok makan minyak kelapa murni dan aduk rata.

Tutup toples, lalu tunggu 24 jam. Hasilnya adalah 3 lapisan: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (pirang), dan lapisan bawah (air).

Metode enzim daun pepaya

Daun pepaya mengandung enzim pepaya yang dapat digunakan dalam cara buat minyak kelapa murni. Siapkan daun pepaya dan potong kecil-kecil. Campur daun pepaya cincang halus dengan krim kelapa dan masukkan ke dalam stoples tertutup. Tunggu 24 jam selama 3 lapisan terbentuk.

Lapisan atas adalah minyak, lapisan tengah pirang, dan lapisan bawah adalah air.

Metode enzim nanas

Dalam buah mengandung enzim bromelain yang dapat digunakan dalam cara buat minyak kelapa murni. Buat nanas secukupnya (termasuk punuk tengah) dan parut. Campur nanas parut dengan krim kelapa dan masukkan ke dalam stoples tertutup. Biarkan selama 24 jam sampai membentuk 3 lapisan.

Metode cuka asam

Cara buat minyak kelapa murni dengan asam sangat sederhana, cukup tambahkan cuka makanan ke santan. Perbandingannya adalah 200ml krim kelapa dicampur dengan 2 sendok makan cuka. Setelah dicampur dengan cuka, aduk merata dan biarkan selama 24 jam sampai 3 lapisan terbentuk.